Laman

Work online and earn real money

Sunday, January 25, 2015

Pengolahan Data Elektronik, Siklus dan Sistem Computer

Data adalah kumpulan kejadian yang diangkat dari suatu kenyataan berupa angka, huruf, simbol atau gabungan dari hal tersebut.

Pengolahan Data (Data Processing) adalah manipulasi dari data ke dalam bentuk yang berguna dan berarti berupa informasi

Informasi adalah hasil kegiatan pengolahan data yang memberikan bentuk yang lebih berarti dari suatu kejadian.

Pengolahan Data Elektronik (PDE) atau Electronic Data Processing (EDP) adalah manipulasi dari data ke bentuk yang berarti berupa informasi dengan menggunakan suatu alat elektronik berupa komputer.

Siklus pengolahan data (Data Processing Cycle) yaitu Input, Processing dan Output. Siklus ini terdiri dari tiga atau lebih dari tahapan lagi yaitu origination, storage dan distribution. Setiap siklus pengolahan data memiliki fungsi sebagai berikut:

  1. Origination berfungsi memproses dari pengumpulan data pencatatan ke dokumen dasar. 
  2. Input berfungsi memasukan data ke dalam proses komputer melalui alat input (input device). 
  3. Processing berfungsi dalam memproses pengolahan dari data yang telah dimasukan oleh alat pemprosesan berupa proses merhitung, membandingkan, mengklasifikasikan, mengurutkan, mengendalikan dan mencari di media penyimpanan. 
  4. Output berfungsi memproses hasil dari pengolahan data ke alat berupa informasi 
  5. Distribution berfungsi memproses output kepada pihak yang berhak dan membutuhkan informasi.
  6. Storage berfungsi merekam/menyimpan hasil pengolahan data ke simpanan luar dan hasilnya dapat dipergunakan sebagai bahan input untuk proses selanjutnya atau dapat diambil kembali untuk proses pengolahan data berikutnya. 
Program adalah kumpulan dari instruksi/perintah terperinci yang sudah dipersiapkansupaya komputer dapat melakukan fungsinya dengan cara yang sudah ditentukan.

Sistem adalah jaringan elemen-elemen yang saling berhubungan satu sama lain untuk melaksanakan suatu tujuan dari sistem tersebut. Tujuan pokok sistem komputer yaitu mengolah data untuk menghasilkan informasi. Elemen pada sistem komputer terdiri dari:

  1. Hardware (piranti/perangkat keras) adalah peralatan pada sistem komputer yang berbentuk phisik dan dapat di sentuh seperti mouse, keyboard, monitor, cpu, hard disk, ram, power suplay, processor, motherboard, dvd-rom, video card (VGA/GPU), camera, dan sebagainya. 
  2. Software (piranti/perangkat lunak) adalah program yang berisi perintah-perintah untuk melakukan pengolahan data seperti operating sistem (windows, Mac, Linux, dll), anti virus, graphic tools (Photoshop, Corel Draw, Auto CAD, dll), multimedia tools, dan sebagainya. 
  3. Brainware (pengguna) adalah manusia yang terlibat di dalam mengoperasikan dan mengatur sistem komputer.

0 comments:

Post a Comment