Laman

Work online and earn real money

Saturday, August 8, 2015

Pengertian Konduktor

Jaringan kabel listrik yang terhubung dari satu tiang ke tiang berikutnya, sering kita jumpai di sekitar lingkungan kita terutama di area yang padat dengan perumahan dan perkantoran maupun industri. Aliran listrik yang merambat dari satu jaringan ke jaringan yang lain dibuat dengan bahan konduktor.

Konduktor adalah bahan yang dapat menghantarkan arus listrik. Bahan-bahan yang termasuk konduktor adalah logam (emas, tembaga, alumunium, kuningan, timah, perak, besi, baja), raksa (mercury), air, tubuh manusia, larutan elektrolit, bumi (tanah/daratan), dan lain-lain.  

Bahan logam yang sangat baik menghantarkan arus listrik adalah emas, perak, tembaga, tapi salah satu konduktor terbaik dan terbesar adalah bumi (tanah/daratan) mengapa hal ini bisa terjadi? karena listrik yang muatannya sangat besar apabila dihantarkan kebumi maka muatan listriknya akan menjadi netral.

Contoh beberapa bahan konduktor terlihat pada gambar berikut ini:


2 comments:

  1. Mau tanya gan, kalau tembaga yang bagus untuk digunakan buat dinamo mainan mobil tamiya terbuat dari bahan konduktor apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya cari bahan tembaga yang di lapisi dengan bahan micron (Emas)serta sesuaikan diameter kawat tembaga terhadap penggunaan baterai karena jika power arus dan kapasitas baterai tidak mendukung terhadap besarnya diameter kawat maka perputaran dinamo/motor tidak akan cepat dan baterai akan mudah panas.

      Supaya perputaran motor lebih cepat harus di dukung juga dengan magnet yang kuat seperti jenis neodymium yang berwarna Silver/chrome.

      Teknik lilitan dan jumlah lilitan juga berpengaruh terhadap tingkat kecepatan perputaran antara lain seperti teknik lilitan piramid segitiga, piramid siku-siku, persegi, oval, dll.

      Delete