Laman

Work online and earn real money

Monday, December 29, 2014

Percepat Kinerja Harddisk dengan Defrag

Harddisk (Hard Disk Drive/HDD) adalah komponen hardware (Perangkat Keras) yang digunakan untuk menyimpan data sekunder dengan pengoprasian secara magnetis. Harddisk sangat sensitif (mudah rusak) terhadap guncangan yang mengakibatkan kerusakan secara logika/fisik. Untuk kerusakan secara fisik sangat sulit dalam memperbaikinya, tapi bila kerusakan secara logika hal ini mungkin masih bisa diperbaiki.

Kerusakan secara logika bisa disebabkan seringnya memformat harddisk atau kondisi pemakaian harddisk sudah cukup lama sehingga mengalami fragmentasi . Biasanya ditandai pada saat menduplikat data file yang berakibat pada proses data yang tidak bisa ditranfer (Hang/Crash) dan kinerja operating system menurun. Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan perangkat Defragmentation untuk menyusun dan menata kembali data/file yang telah terfragmentasi dalam sebuah harddisk. Defrag berfungsi untuk mempercepat kinerja computer atau meningkatkan kecepatan baca pada computer karena data/file telah tersusun dan tertata dengan baik.

Data-data apa saja yang menyebabkan fragmentasi yaitu Proses Install/Uninstall Program, Delete Files, Move File, Copy File, Manage File, dan lain-lain. Defrag tidak boleh dilakukan terlalu sering yang akan berakibat tidak baik pada harddisk karena kerja harddisk pada saat mendefrag sangat tinggi sehingga menghasilkan suhu sangat tinggi pula terhadap komponen harddisk itu sendiri. Jadi berapa kali defrag boleh dilakukan? Defrag bisa dilakukan minimal ada data yang terfragmentasi lebih dari 5% biasanya dilakukan 3 bulan sekali akan tetapi tidak menutup kemungkinan apabila manipulasi/manage data computer sering dilakukan kemungkinan belum sampai 3 bulan data sudah terfragmentasi.

Cara untuk melakukan defrag pada data computer tidak perlu repot-repot untuk install software defrag karena perangkat Operating System Windows 7 sudah menyertakan di Disk Defragmenter. Langkah-langkah mengunakan Tools Disk Defragmenter ada 3 cara yaitu sebagai berikut:

Cara 1

1. Klik kiri mouse pada Start (Logo Windows) di menu taskbar lalu pilih All Programs.


2. Klik kiri mouse pada Accessories.


3. Klik kiri mouse pada System Tools kemudian pilih Disk Defragmenter.


4. Klik kiri mouse pada Defragment Disk.





Cara 2

1. Klik kiri mouse pada logo Windows Explorer.

2. Klik kanan mouse lalu pilih Properties.


3. Pilih tab Tools lalu klik kiri mouse pada Defragment now...


4. Klik kiri mouse pada Defragment Disk.





Cara 3

Cara ketiga ini adalah cara paling cepat dari kedua cara yang sudah di jelaskan. Cukup dengan Klik kiri mouse pada Start (Logo Windows) di menu taskbar, kemudian ketik Disk Defragmenter di kotak Search programs and files lalu tekan Enter pada keyboard.


0 comments:

Post a Comment