Laman

Work online and earn real money

Monday, December 1, 2014

Membersihkan File DLL Sampah pada Memori

Dengan Membersihkan File DLL yang tidak lagi dipakai dari memori, kinerja komputer bisa lebih cepat. Nah, bagaimana cara membersihkan file DLL sampah itu dari memori? Sebelumnya, ini sekilas mengenai file DLL. Windows memiliki sebuah perpustakaan bernama Dynamic Link Library yang biasa disingkat dengan DLL. Untuk keperluan beberapa program, biasanya perpustakaan ini secara sementara diletakkan pada memori agar processor cukup mengakses memori, tidak perlu bulak-balik ke hard disk yang kerjanya lebih lambat ketimbang memori.

Namun pada beberapa kasus, file DLL yang berada di memori tidak dihapus meskipun tidak satu aplikasi pun membutuhkannya. Akibatnya adalah pemborosan memori. Kalau memori yang ada pada komputer terbatas, misalnya cuma 128 MB, wah komputer bisa jalan sangat lambat. Cara mengatasinya adalah dengan membersihkan file DLL yang sudah tidak dipakai. Untuk itu, lakukanlah langkah-langkah berikut ini.
  1. Jalankan Registry Editor. Mudah-mudahan tidak lupa caranya, kalau lupa caranya begini klik Start - Run kemudian ketik Regedit lalu tekan Enter
  2. Masuklah ke subkey My Computer\HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer
  3. Klik Edit - New - Key pada jendela Registry Editor untuk membuat subkey baru di bawah key Explorer.
  4. Beri nama subkey baru tadi dengan nama AlwaysUnloadDLL.
  5. Klik dua kali name Default, kemudian isikan string value tersebut dengan nilai 1.
  6. Tutup Registry Editor, kemudian restart windows Anda.

0 comments:

Post a Comment